Waze Update Tampilan Waktu Kedatangan Lebih Akurat

Bagi pengguna aplikasi navigasi, nama Waze pasti tak asing dengan fitur expected to arrive (ETA), yang menunjukan perkiraan waktu tiba ke lokasi tujuan. Waze baru saja memperbarui ( update) fitur ETA ke versi 4.35 dengan mengubah tampilan fitur tersebut.

Pembaruan ini juga mengubah tampilan fitur ETA lebih mudah dilihat. Setelah diperbarui, fitur ETA akan menampilkan lebih banyak informasi lalu lintas dibanding sebelumnya. Di fitur ETA yang baru, pengguna juga akan dimudahkan untuk pengaturan jadwal bepergian, di mana nantinya akan tersedia saran kapan waktu yang tepat untuk berangkat sehingga bisa tiba tepat waktu.

Dalam aplikasi Waze, cukup gulir ke bawah dan pilih waktu ketibaan maka sistem akan memberikan saran kapan sebaiknya harus berangkat. Ketika pengguna telah menjadwalkan keberangkatannya, Waze akan memberi aba-aba jika waktu keberangkatan telah tiba.

Update fitur ETA juga diklaim akan meminimalisir bug. Versi pembaruan 4.35 telah tersedia di Google Play Store bagi pengguna Android dan App Store bagi pengguna iOS. Waze adalah salah satu aplikasi navigasi besutan Google, yang cukup banyak digunakan dan menggunakan konsep crowdsourcing, di mana para pengguna Waze bisa saling berbagi info lalu lintas lebih aktual.

Senior Manager Adobe, Artur Grabowski, sempat menguji coba tiga aplikasi navigasi antara Waze, Google Maps dan Apple Maps. Uji coba tersebut dilakukan sejak tahun 2017 dengan 120 perjalanan. Dari ketiganya, ia mengklaim jika Google Maps bisa membawa pengendara tiba ke destinasi tujuan lebih cepat.

Menurutnya, Waze memang memberikan beberapa jalan tikus untuk memotong jalan sehingga bisa memangkas waktu perjalanan. Sayangnya, estimasi yang dimunculkan sering keliru dan menyebabkan pengguna justru lebih lama sampai di lokasi tujuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *