Mengulas Tentang Keuntungan dan Kerugian Jual Merchandise Piala Dunia Lewat Dropshipping

Berbisnis online saat ini bukan hal yang baru karena hampir sebagian besar orang sudah melakukan bisnis tersebut. Salah satu jenis bisnis online yang bisa Anda lakukan adalah dengan dropshipping. Cara ini memungkinkan Anda untuk bisa mendapatkan penghasilan tanpa harus memiliki barang yang akan dijual ke konsumen, termasuk merchandise Piala Dunia yang akan banyak dicari saat perhelatan PD 2018 berlangsung. Mudahnya, sistem yang digunakan untuk dropshipping hampir sama dengan sales namun Anda memasarkannya dengan cara online dan Anda tidak harus tergantung atau terikat pada 1 supplier karena Anda juga bisa mengambil barang dari orang lain. Karena hal tersebut jual merchandise Piala Dunia diprediksi akan laris dan mengalami peningkatan.

Pemasaran dropshipping sendiri bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi yang diinstal di smartphone, menggunakan sosial media atau bahkan menggunakan marketplace dan toko online dan punya kelemahan dan keunggulan tersendiri. Keunggulan yang pertama praktis. Sistem kerja dari dropshipping adalah Anda mengambil gambar barang dari pihak penjual yang lainnya kemudian menawarkannya ke konsumen dengan harga jual yang sudah ditentukan oleh dropshipper agar bisa mendapatkan keuntungan. Kemudian jika ada konsumen yang berniat membeli produk tersebut maka sebagai dropshipper Anda akan menghubungi penjual dan kemudian penjual yang akan menyediakan, mengemas serta mengirim barang yang dipesan oleh pembeli. Karena hal tersebut, Anda tidak perlu pusing untuk menyediakan dan mengirim barang tersebut.

Kedua adalah modal yang digunakan sedikit. Untuk memulai bisnis jual merchandise Piala Dunia dengan menggunakan cara dropshipping ini maka Anda harus menyediakan smartphone, bisa ditambah dengan laptop atau komputer, dan kuota atau jaringan internet yang stabil. Anda tidak perlu untuk menyiapkan modal membeli barang seperti tempat seperti ruko karena Anda bisa menjualnya di rumah ataupun Anda tidak perlu biaya operasional untuk memelihara peralatan yang akan digunakan untuk proses produksi hingga pengemasan.

Ketiga adalah Anda dapat mengerjakannya dimana saja. Cara ini memungkinkan Anda untuk bisa memantau, menjawab pertanyaan konsumen serta memesan barang yang dipesan oleh konsumen dimana saja asalkan Anda memiliki koneksi internet dan juga menggunakan device yang memungkinkan Anda untuk bisa berinternetan. Keempat adalah tidak ada biaya operasional sehingga biaya yang dibutuhkan akan semakin lebih kecil.

Akan tetapi, dropshipping juga memiliki kekurangan, yang diantaranya adalah:

1. Keuntungan yang diperoleh kecil. Walaupun dropshipper memiliki wewenang untuk menaikkan harga untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar namun hal tersebut bisa merusak kepercayaan dari

2. konsumen karena umumnya konsumen akan membandingkan harganya dan kemudian memilih untuk membeli di tempat yang memiliki harga yang lebih rendah.

3. Informasi akan stok barang yang tidak di perbarui sehingga menyulitkan Anda untuk menjual barang tersebut ke konsumen.

4. Penjualan kurang maksimal karena Anda tidak melihat barangnya secara langsung yang memungkinkan Anda untuk tidak bisa menjawab pertanyaan dari konsumen Anda seputar barang tersebut.

5. Sering untuk mendapatkan komplain misalnya karena barang yang diterima konsumen tersebut rusak atau tidak sesuai dengan yang dijanjikan.

Untuk menghindari kerugian karena komplain konsumen atau ketidakpuasan konsumen saat jual merchandise Piala Dunia dengan dropshipping, Caranya yaitu:

Memilih supplier yang menjual barang secara grosir sehingga barang yang dijual memiliki harga yang murah.
– Supplier memiliki sistem yang jelas.
– Pilih supplier yang mudah untuk dihubungi.
– Pilih supplier yang bisa bekerja sama dengan Anda misalnya menuliskan toko Anda sehingga nantinya, konsumen akan mendapatkan barang dari toko Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *